Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Mudah Dilengkapi Dengan Gambar

Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Mudah Dilengkapi Dengan Gambar
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Tips

Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Mudah Dilengkapi Dengan Gambar - Upgrade adalah penggantian produk dengan versi yang lebih baru atau lebih baik dari produk sebelumnya dari perusahaan yang sama. Kata-kata upgrade ini biasanya sering dikaitkan dengan sebuah hardware, salah satu-nya adalah hardware laptop.

Apakah laptop kamu memiliki performa yang lambat atau lemot? Nah, kalau iya berarti bisa jadi itu karena ukuran RAM laptop kamu yang kecil. RAM atau memori berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara pada laptop. Dan data-data yang tersimpan sebelumnya pada RAM ini akan hilang apabila laptop dimatikan. Dapat diketahui juga bahwa RAM berpengaruh besar terhadap performa dari sebuah laptop. Semakin besar ukuran RAM yang terpasang pada laptop, maka akan semakin tinggi performa yang akan dihasilkan. Apabila laptop kamu lemot, maka kamu dapat meningkatkan performanya kembali dengan cara menambah ukuran RAM. Banyak orang yang jika mendapatkan masalah seperti ini, maka yang diupgrade pertama adalah RAM. Karena apa? mungkin karena biaya yang lebih murah dan lebih gampang dibandingkan hardware yang lainnya. Dibilang murah, tidak juga sih. Karena masih ada RAM dengan merk tertentu dijual dengan harga yang mahal. Dibilang gampang, nggak juga tuh. Masih ada beberapa laptop yang untuk meng-upgrade RAM-nya harus membongkar keseluruhan dari casing laptop tersebut. Itu hanya beberapa pendapat dari sebagian orang saja.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengupgrade RAM laptop. Salah satunya kamu harus memperhatikan jenis RAM laptop kamu, jangan sampai salah membeli RAM. Kamu juga harus mempertimbangkan dengan benar ukuran RAM yang akan diupgrade. Jika kamu ingin mengupgrade RAM, perhatikan dengan sangat detail RAM bawaan laptop tersebut, mulai dari jenisnya, ukuran, dan juga kecepatannya. Pastikan jika kamu mengupgarde RAM, antara slot yang satu dengan slot yang lainnya wajib memiliki clock speed yang sama. Misalkan clock speed RAM yang ada di slot 1 1600MHz, maka clock speed RAM yang ada dislot 2 juga harus begitu. Lalu apa yang akan terjadi jika clock speed-nya tidak sama? Akan membuat kinerja RAM tidak seimbang antara slot pertama dan slot yang kedua. Untuk ukuran RAM antara slot 1 dan slot 2 tidak ada masalah jika kamu ingin menggunakan ukuran yang berbeda. Misalkan dislot ke-1 kamu menggunakan RAM 4GB dan dislot ke-2 kamu menggunakan RAM 2 GB, itu boleh-boleh saja asalkan memiliki clock speed yang sama.

Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Mudah Dilengkapi Dengan Gambar

Disetiap jenis laptop akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam proses mengupgrade RAM. Mulai dari yang mudah, sulit dan bahkan sangat sulit. Dan kali ini kami akan mencontohkan bagaimana cara mengupgrade RAM dengan tingkat kesulitan yang mudah itu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1 Response to "Cara Upgrade RAM Laptop Dengan Mudah Dilengkapi Dengan Gambar"