Pengertian Dan Fungsi Solid State Drive (SSD)

Pengertian Dan Fungsi Solid State Drive (SSD)
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Memory ssd

Pengertian Dan Fungsi Solid State Drive (SSD) - Solid State Drive (SSD) adalah inovasi terbaru dari media penyimpanan data. SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan Integrated Circuit (IC) yang dirakit sebagai memory untuk menyimpan data secara presisten. Ini sangat berbeda dengan Magnetic Disk yang terdapat pada harddisk. Seperti kita ketahui, harddisk menggunakan komponen elektromekanis yang disana terdapat disk atau platter yang berputar, dan head yang akan bergerak untuk membaca dan menulis pada disk dengan menggunakan elektromagnetik.

SSD sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan HDD, tetapi SSD ini merupakan inovasi terbaru penyimpanan data. Seperti kita ketahui sebelumnya, floppy disk yang dulunya merupakan media penyimpanan data, dan sekarang posisinya telah digeser karena adanya harddisk. Begitu pula harddisk, kemungkinan akan tergeser karena hadirnya SSD.

Hanya saja SSD sekarang masih belum banyak diketahui oleh pengguna komputer atau laptop. Untuk sekarang orang mungkin enggan untuk menggunakan SSD karena masih terkendala oleh harga dan kapasitasnya. SSD dijual dengan harga yang sangat tinggi dan fantastis. SSD dengan kapasitas 60 GB saja dijual dengan harga 600 ribu an. Dan jika dibandingkan dengan harddisk, maka dengan harga 600 ribu itu akan bisa mendapatkan harddisk dengan kapasitas 500 GB. Kapasitas SSD juga terbilang masih sangat kecil, kapasitas terbesar SSD sekarang adalah 500 GB saja, itupun dijual dengan harga yang sangat mahal.

Pengertian Dan Fungsi Solid State Drive (SSD)

Tetapi tidak ada salahnya jika teman-teman ingin mencoba menggunakan SSD ini. Dengan menggunakan SSD, dijamin laptop atau komputer anda akan memiliki performa yang sangat luar biasa. Berikut ada video perbandingan antara SSD dan HDD :


Pada video di atas terlihat bahwa laptop yang menggunakan SSD lebih cepat daripada laptop yang menggunakan HDD pada saat booting windows.

Pengertian Solid State Drive (SSD)
Solid State Drive (SSD) merupakan inovasi terkini dan terbaru dari media penyimpanan data. SSD menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD dapat dikatakan juga sebuah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan volatile memory (pada RAM), data yang telah tersimpan di SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

Fungsi Solid State Drive (SSD)
SSD mempunya fungsi yang sama seperti harddisk, yaitu sebagai media penyimpanan data. Hanya saja, apabila laptop kita menggunakan penyimpanan data SSD, maka performa laptop tersebut akan lebih cepat dibandingkan menggunakan harddisk.

1 Response to "Pengertian Dan Fungsi Solid State Drive (SSD)"