Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Problem Laptop Tips

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet - Dizaman teknologi yang semakin canggih ini, maka laptop akan menjadi kebutuhan sehari-hari seseorang baik yang bekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, pengusaha dan bahkan anak-anak. Orang banyak yang menggunakan laptop karena banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan komputer. Misalnya saja, laptop mudah untuk dibawa kemana-mana.

Sering kita temui orang disekitar yang menggunakan laptop dengan seenaknya saja (sembarangan). Banyak yang mengabaikan kesehatan laptopnya sendiri. Kesehatan laptop juga perlu dijaga, selayaknya seperti kesehatan manusia. Apabila laptop sakit, maka penggunanya akan direpotkan untuk menyembuhkannya hehe. Jika laptop mengalami kerusakan, pastinya akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya dan apabila laptop mengalami kerusakan yang cukup berat, mungkin saja akan menghabiskan uang yang banyak.

Kami sangat peduli terhadap kesehatan teman-teman dan juga kesehatan laptop teman-teman. Untuk itu kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar agar bisa digunakan dalam waktu yang lama (awet) :

1. Install aplikasi yang dibutuhkan saja
Pengalaman seperti ini sangat banyak kami temukan dilingkungan sekitar. Banyak orang yang menginstal aplikasi-aplikasi yang menurut kami tidak terlalu penting untuk diinstal di laptop. Bahkan kalau ditanya kegunaan dari aplikasi yang diinstal, mereka tidak terkadang ada yang tidak tau. Sebagian orang berpendapat kalau menginstal banyak aplikasi itu agar tampilan desktopnya menjadi lebih ramai. Tentu saja hal seperti ini tidak benar. Jika anda lebih teliti lagi, semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin lambat pula kinerja laptop kita

2. Gunakan software Cleaner
Agar laptop anda berada dalam performa terbaik terus menerus, maka instal aplikasi cleaner. Aplikasi ini digunkan untuk membersihkan cache-cache yang ada dilaptop anda paling banyak ditemui pada aplikasi browsing. Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin, boleh dilakukan seminggu sekali bahkan setiap hari juga tidak apa-apa. Contoh aplikasi cleaner yang banyak digunakan adalah CClenaer. Aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan cara mendownloadnya.

3. Memasang antivirus
Aplikasi antivirus merupakan tool yang wajib diinstal pada laptop. Antivirus akan melindungi laptop kita terhadap serangan virus yang ganas. Sebenarnya antivirus ini merupakan aplikasi yang pertama diinstal setelah melakukan instal ulang sistem operasi.

4. Jangan mendownload file yang tidak penting
Pikirkan dengan baik-baik jika anda ingin mendownload sebuah file. Downloadlah file-file yang anda butuhkan saja. Jangan terlalu sering mendownload file diinternet, karena bisa saja file itu mengandung virus yang berbahaya.

5. Gunakanlah cooling pad
Cooling pad (kipas pendingin) digunakan untuk melancarkan sirkulasi udara pada laptop. Cooling pad digunakan untuk menstabilkan udara panas yang dihasilkan oleh kinerja komponen laptop. Dengan menggunakan cooling pad, nantinya laptop anda akan terasa lebih adem. Cooling pad sangat diperlukan jika anda akan menghabiskan waktu yang lama bersama laptop anda.

6. Hapus startup application yang tidak penting
Startup application adalah sebuah aplikasi yang berjalan ketika laptop kita baru dihidupkan. Aplikasi inilah yang terkadang sering membuat laptop kita menjadi lambat ketika pertama kali dihidupkan.

7. Jauhkan dari benda yang besrifat cair
Jauhkan dari air, karena air bisa merusak komponen laptop. Dalam kondisi hidup maupun dalam kondisi mati usahakan laptop jauh dari air. Jika air tumpah, dan masuk kekomponen laptop, maka ini pertanda bahaya pada laptop anda. Untuk itu jauhkanlah laptop anda dari benda yang sifatnya cair.

8. Letakkan laptop pada tempatnya
Jika anda bekerja dengan menggunakan laptop, maka perhatikan letak laptop anda itu. Usahakan jangan meletakkan laptop dikasur atau ditempat yang empuk disaat laptop menyala. Apabila laptop diletakkan dikasur, maka sirkulasi udaranya tidak akan lancar karena rongga-rongga udaranya tertutup. Hal seperti itu akan membuat laptop menjadi sangat panas. Tempat yang baik untuk laptop adalah dengan permukaan yang keras (padat) atau dalam artian sirkulasi udara yang dikeluarkan oleh komponen laptop dapat derjalan dengan lancar.

9. Gunakan sesuai dengan kemampuan laptop
Setiap laptop memiliki berbagai macam spesifikasi, beda laptop beda rasa. Untuk anda yang hobby game, tentunya tidak memaksakannya pada laptop dengan spesifikasi kecil. Laptop juga butuh pengertian dan perhatian dari penggunanya. Tentu anda tidak mau jika laptop anda mengalami over karena terus dipaksakan untuk bekerja berat.

10. Rawatlah baterai laptop dengan baik
Inilah keunggulan laptop debandingkan komputer. Laptop memiliki baterai yang digunakan sebagai sumber energi yang tidak harus terhubung dengan arus listrik. Inilah yang membuat laptop bisa dibawa kemana-mana, ya karena laptop memiliki baterai.

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

0 Response to "Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet"

Posting Komentar