Cara Mengatur Kerja Baterai Agar Lebih Maksimal

Cara Mengatur Kerja Baterai Agar Lebih Maksimal
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Tips

Cara Mengatur Kerja Baterai Agar Lebih Maksimal - Maksimal, merupakan satu buah kata yang penuh dengan makna. Kembali akan membahas yang berhubungan dengan baterai laptop, dan kali ini kita akan fokus membahas cara mengatur kerja baterai pada windows 7.

Cara Mengatur Kerja Baterai Agar Lebih Maksimal

Telah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa baterai merupakan sebuah komponen penting yang ada di laptop. Tanpa baterai laptop tidak akan bisa digunakan, walaupun bisa dengan menggunakan kabel powe langsung, tetapi tetap saja cara kerjanya tidak sebaik dengan menggunakan baterai. Baterai laptop biasanya mempunyai kapasitas yang lebih besar daripada baterai smartphone android, dan boleh dikatakan kapasitas baterai laptop berukuran 2 kali lebih besar dibandingkan dengan baterai smartphone android.

Baterai pada laptop ada yang bisa di lepas dan juga ada yang tidak bisa dilepas alias baterai tersebut berada di dalam casing sebuah laptop. Biasanya pemakaian sebuah baterai laptop maksimal 4 tahun, dan semua itu bisa saja lebih dari 4 tahun asalkan dengan jaminan penggunaannya yang sangat baik.

Di windows 7 sebenarnya juga sudah disediakan sebuah fitur untuk memaksimalkan kerja baterai. Berikut tipsnya :
  • Pertama klik Control Panel > System and Security > Power Options > Change Plan Settings
  • Kemudian akan muncul layar kerja seperti gambar di bawah ini :
Keterangan 1 :
  • On Battery : Laptop dengan sumber tenaganya berasal dari baterai. Laptop yang menyala dengan sumber energinya berasal dari baterai.
  • Pluged In : Laptop dengan sumber tenaganya berasal dari kabel power yang dialiri arus listrik. Laptop menyala dengan sumber energinya berasalah dari listrik yang dialirkan melalui kabel power.
Keterangan 2 :
  • Dim the display : Layar akan redup secara otomatis.
  • Turn off the display : Layar akan mati secara otomatis.
  • Put the computer to sleep : laptop akan otomatis tertidur (sleep).
Pada layar kerja seperti gambar di atas anda tinggal menentukan waktu (time) berapa lama baterai anda akan bertahan. Disitu telah disediakan kotak pilihan waktu, anda tinggal memilih berapa lama kira-kira laptop anda akan bertahan dengan baterai ataupun dalam keadaan lagi dicharger. Pada contoh gambar di atas, saya mengatur kerja baterai selama 3 jam dan apabila dalam keadaan dicharger juga 3 jam. Untuk mengaturnya, anda bisa menyesuaikan saja.


0 Response to "Cara Mengatur Kerja Baterai Agar Lebih Maksimal"

Posting Komentar