Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux

Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Linux

Pengertian dan fungsi swap di linux - Sedikit akan membahas mengenai dasar-dasar dari linux ya teman-teman. Semoga penjelasannya dapat menjadi pembelajaran.

Swap merupakan memory virtual (memory bayangan) yang berguna sebagai memory tambahan untuk membantu kinerja dari RAM yang merupakan memory utama pada komputer 

Pengertian swap pada linux
 
Swap pada linux adalah ruang pada harddisk yang dijadikan sebagai memory virtual (memory bayangan).

Fungsi swap
Fungsi utama dari pembuatan swap ini adalah untuk membantu kinerja dari memory utama (RAM). Logikanya begini, andaikan komputer anda memiliki RAM dengan ukuran 1 GB, kemudian anda membuka banyak sekali aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Dapat diketahui bahwa apabila kita akan membuka aplikasi pada komputer, maka data-data aplikasi tersebut akan tersimpan sementara di RAM. Dan andaikan anda membuka aplikasi photoshop, corel draw, dan sambil browsing juga tentunya ini akan menghabiskan banyak memori, karena aplikasi yang anda buka itu merupakan aplikasi yang berat. Jika kita membuka ketiga aplikasi tersebut dalam waktu yang bersamaan, ternyata membutuhkan memory 1,2 GB, sedangkan memory komputer anda saja hanya 1 GB, dan disinilah peran swap. Dengan adanya swap akan sedikit meringankan kinerja RAM, apabila RAM telah penuh, maka sebagian data-data akan ditransfer ke swap (memory virtual).

Ukuran swap di linux sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas RAM komputer anda. Ukuran swap biasanya 2X lipat dari ukuran RAM. Misalkan komputer anda memiliki RAM dengan ukuran 2 GB, maka sebaiknya anda membuat swap dengan ukuran 4 GB dan begitu juga seterusnya.

Penggunaan swap ini lumayan penting. Sebaiknya jika anda ingin melakukan penginstalan linux buatlah minimal 2 partisi yaitu partisi / dan swap.

Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan fungsi swap di linux. Semoga dapat bermanfaat buat kita semuanya dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux"

Posting Komentar