Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Harddisk

www.gudangilmukomputer.com - Harddisk yang rusak akan menyebabkan seseorang menjadi pusing 7 keliling dan ditambah lagi tidak punya uang untuk membeli harddisk yang baru. Sebenarnya hal seperti ini tidak harus diambil pusing, masih ada cara untuk memperbaikinya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Diperbaiki terlebih dahulu merupakan solusi awalnya, jangan terlalu gegabah untuk membeli harddisk baru, karena akan membuang-buang uang saja. Kerusakan pada harddisk ada banyak sekali macamnya, salah satunya adalah :
  • Harddisk bad sector.
  • Harddisk tidak terbaca.
Kedua kerusakan di atas merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada harddisk. Dan biasanya kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang dianggap sepele dan akhirnya menyebabkan harddisk tersebut menjadi rusak parah dan tidak bisa di pakai lagi. Oleh karena itu, sebagai pengguna yang baik, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini :
  • Jangan sampai tegangan listrik yang digunakan naik turun (tidak stabil).
  • Jangan terlalu sering merestart komputer.
  • Jangan sampai harddisk over.
  • Jangan lupa defragment harddisk beberapa bulan sekali.
  • Jangan lupa bersihkan (clean disk) agar file yang tidak berguna hilang.
Itu merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan komputer yang baik dan benar. Terkadang seseorang mengabaikan hal-hal di atas, mereka menganggap bahwa hal itu tidak terlalu penting, upppss pendapat seperti itu sangat salah sekali. Justru sebagai pengguna yang baik, kita harus memperhatikan dari hal yang terkecil hingga hal yang terbesar.

Ada baiknya jika komputer anda menggunakan stavol atau alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Listrik yang tidak stabil juga akan berpengaruh terhadap harddisk.

Apabila harddisk anda mengalami kerusakan dan di dalam harddisk tersebut ada banyak data-data yang penting, terus apa yang harus dilakukan ? pertanyaaan seperti ini sangat banyak sekali. Tentu saja jawabannya adalah memperbaikinya. Untuk memperbaiki masalah harddisk yang sudah sangat berat, tidak sembarang orang bisa menyelesaikannya. Hanya orang yang ahli di bidang harddisk inilah yang bisa memperbaikinya dan untuk biayanya pasti akan sangat mahal.

Maka dari itu rawatlah dan jagalah harddisk yang anda miliki. Perhatikan hal-hal kecil dan ada lebih baiknya membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Cara memperbaiki harddisk yang rusak
Ada banyak sekali kerusakan yang terjadi pada harddisk. Kali ini saya akan membagikan beberapa saja masalah yang umum terjadi pada harddisk dan bagaimana cara mengatasinya.

Harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan 
Biasanya hal ini terjadi karena Frimware hardisk yang bermasalah dan biasanya terjadi pada hardisk-hardisk abal-abal. Untuk memangatasi masalah seperti ini, anda bisa terlebih dahulu mendownload Frimware hardisk tersebut di website resminya hardisk yang anda pakai.

Hardisk Rusak Tidak Terdeteksi di BIOS
 
Ini merupakan kerusakan pada harddisk yang paling fatal atau sangat parah karena kerusakannya adalah pada fisiknya. Untuk mengatasinya anda bisa gunakan prosedur di bawah ini :
  • Periksa kabel listrik ke hardisk.
  • Ganti IC pada motherboard hardisk.
  • Buka casing harddisk dan check.
Keadaan Hardisk
Cara yang paling gila dan termasuk cara paling ampuh adalah Canibal (mengambil komponen hardisk yang lain).

Memperbaiki harddisk yang tidak terbaca 

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca

Permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh harddisk yang bad sector dan untuk mengatasinya ada beberapa cara dan variasi percobaan yang harus disesuaikan dengan merk harddisk.
  • Untuk penangan awal bisa gunakan perintah format C: (sesuaikan dengan drive yang akan diformat).
  • Cara Kedua bisa dengan menggunakan Program Disk Manager Dari Masing-masing Pabrik pembuat hardisk.
  • Jika belum berhasil, bisa mencoba menggunakan software HDDREG.
  • Jika masih gagal coba lagi cara Low Level Format Zero File.
  • Jika masih nihil, bisa dengan  melakukan pemotongan sector hardisk yang rusak dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak 
Level 2 
kerusakan yang terjadi adalah kehilangan partisi hardisk dan data ini bisa di sebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility ada yang perlu di perhatikan dalam mengembalikan partisi hardisk yang hilang yaitu kapasitas hardisk dan jenis file systemnya partisi dengan file system FAT lebih mudah di kembalian di bandingkan dengan NTFS untuk Memperbaikinya bisa gunakan prosedur berikut ini :
  • Cek Terlebih dahulu Partisi Hardisk Dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager.
  • Untuk Mengembalikan Bisa gunakan Software seperti Acronis Disk Director,Handy Recovery,Stellar Phoniex.
Sekian artikel mengenai cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca. semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca"

Posting Komentar