Pengertian Dan Fungsi DNS

Pengertian Dan Fungsi DNS
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Artikel jaringan

Pengertian Dan Fungsi DNS - Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem dimana informasi dari nama domain dan nama host tersimpan dalam bentuk database. DNS nantinya akan memberikan alamat IP address pada setiap nama host dan domain. Dapat disimpulkan bahwa DNS adalah sebuah nama yang digunakan untuk mentransmisikan alamat IP server. Dalam artian lain DNS akan merubah alamat IP menjadi sebuah nama domain, contoh www.ilmuperbaikankomputer.blogspot.com, www.google.co.id, www.facebook.com dan lainnya.

Pengertian Dan Fungsi DNS

Fungsi DNS pada jaringan komputer
DNS memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna dalam menghapal dan mengakses alamat web server tertentu. Seseorang akan merasa kesulitan untuk menghafal setiap IP address dari web server tertentu. Misalkan pada google.com, www.google.com ini memiliki IP address 74.125.200.101, pengguna akan lebih mudah untuk menghafal sebuah nama domain www.google.com daripada menghafal IP addressnya.

DNS digunakan untuk layanan nama domain untuk menyelesaikan permintaan nama-nama website menjadi alamat IP dengan tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat diseluruh dunia.

Menurut Blogger Ecgalery, Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan satu komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi.

Dengan semakin berkembangnya jaringan internet, tentunya hal ini akan merepotkan. Maka dibuatlah sebuah solusi dimana DNS didesain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan yang unlimited database size, dan performa yang baik.

Prinsip dasar DNS
Domain Name System (DNS) dipergunakan sebagai mesin pencari nama komputer dijaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). DNS biasannya digunakan pada aplikasi-aplikasi tertentu yang terhubung dengan jaringan internet seperti web browser dan web mail, dimana DNS akan membantu user dalam memetakan host name sebuah komputer ke ip address.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi DNS"

Posting Komentar