Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer

Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer
Di Posting Oleh : One Eleven
Kategori : Printer Problem Printer

Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer  -  Selamat sore sahabat guilko semuanya, gimana kabarnya ini? semoga dalam keadaan sehat selalu dan pokoknya yang terbaik aja untuk teman-teman semuanya. Kali ini kami akan membagikan sedikit tips mengenai bagaimana cara memperbaiki cartridge printer.

Mungkin teman-teman pernah mengalami pada saat ngprint sebuah dokumen dan hasilnya putus-putus atau dalam artian hasilnya tidak maksimal. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui tentang cartridge printer yang selama ini keberadaannya kurang diketahui atau kurang dipahami. Cartridge pada printer biasanya akan memiliki keterbatasan usia dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan yang menganjurkan untuk mengganti cartridge setelah tinta yang berada di dalamnya habis, namun tentu saja anjuran perusahaan untuk mengganti cartridge baru tidak akan sesuai dengan biaya yang akan kita keluarkan.

Selanjutnya mengenai tinta, yaitu bagaimana kita memahami dan memilih tinta yang akan diisikan atau dimasukkan kedalam cartridge. Usahakan tinta yang digunakan mempunyai tingkat kekentalan yang rendah, jika terlalu kental maka akan menyebabkan ujung Head Cartridge tersumbat. Pastikan tinta tidak dicampur dengan tinta merk yang lain. Apabila tidak memungkinkan untuk mendapatkan tinta dengan merk yang sama, maka hendaknya tinta yang berada dalam cartridge harus dikeluarkan terlebih dahulu atau dalam artian tinta sudah benar-benar kosong. Anda juga bisa mencuci cartridge terlebih dahulu dengan menggunakan air yang hangat sebelum memasukkan tinta dengan merk yang berbeda. Apabila sudah terlanjur mencampurkan dua merk tinta yang berbeda dan akhirnya mengakibatkan hasil print menjadi putus-putus, berikut akan kami berikan cara memperbaikinya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer

Persiapan alat dan bahan

  • Wadah penampung air.
  • Air hangat yang jernih.
  • Sedotan tinta.
  • Tissu.

     Langkah-langkah memperbaiki cartridge printer
    1. Pastikan semua tinta yang terdapat pada tabung cartridge dikeluarkan seluruhnya. Untuk caranya bisa dengan meniup atau juga bisa dengan menghisap menggunakan sedotan tinta dengan tidak memakai ujung jarumnya.
    2. Setelah tinta dikeluarkan sebagian, siapkan terlebih dahulu penampung air yang digunakan untuk menampung air hangat.
    3. Masukkan air hangat kedalam wadah, pastikan bahwa anda menggunakan air hangat, bukan menggunakan air panas. Karena apabila kita menggunakan air panas, maka akan menyebabkan plastik pada jalur head cartridge menjadi meleleh.
    4. Selanjutnya celupkan ujung cartridge kedalam air hangat dalam waktu kurang lebih 10 hingga 30 menit.
    5. Setelah cartridge dicelupkan kedalam air hangat, ma aselanjutnya tiupkanlah angin menggunakan sedotan tinta berulang-ulang secara perlahan-lahan. Ini dilakukan agar mempermudah untuk melepaskan sebagian besar tinta yang sudah membeku pada ujung head cartridge.
    6. Isikan air hangat yang sudah steril kedalam cartridge.
    7. Untuk mengetahui air sudah keluar dengan sempurna pada keseluruhan permukaan head maka siapkanlah tisu. Jika masih belum sempurna, maka ulangi lagi langkah nomor 4 s/d 6 untuk membersihkan ujung head.
    8. Pastikan cartridge sudah dibersihkan dan dikeringkan dari semua cairan, baik itu didalam maupun diluar cartridge.
    9. Setelah cartridge benar-benar kering, maka lakukanlah pengisian tinta yang mempunyai kekentalan yang rendah kedalam cartridge.
    10. Apabila kendala tersebut tidak bisa diatasi, berarti Print Head pada cartridge mengalami kerusakan dan ini diakibatkan oleh pemakaian printer yang berulang-ulang dalam keadaan terus menerus tanpa ada hentinya.
    Pengguna yang bijak, akan dapat menggunakan printer dengan baik. Dan sebaiknya sebelum menggunakan printer, ada baiknya anda membaca buku panduannya terlebih dahulu.

    Sekian artikel mengenai cara memperbaiki cartridge pada printer. Semoga dengan adanya tips-tips pada artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, dan jangan lupa artikelnya di share ya agar bermanfaat juga buat orang banyak.

    0 Response to "Cara Memperbaiki Cartridge Pada Printer "

    Posting Komentar